Hari Media Sosial yang Masih Sangat Muda

Hari Media Sosial yang Masih Sangat Muda

Hari Media  Sosial (medsos) diperingati setiap 10 Juni di Indonesia. Tahun 2021 ini adalah tahun keenam peringatan hari Media Sosial yang pertama kali digagas pada 10 Juni 2015.

Hari Media Sosial dicetuskan oleh Handi Irawan, CEO Frontier Group dan juga penggagas hari Pelanggan Nasional. Gagasan hari Media Sosial muncul karena Handi Irawan melihat fenomena penggunaan media sosial di Indonesia.

Dilansir laman Frontier, media sosial saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Namun, perlu diingat, media sosial juga bisa jadi tempat penyebaran hoaks, pengiringan opini yang salah , dan fitnah. Sayangnya, hoaks dan fitnah dapat menyebar dan sering ditelan mentah-mentah oleh pengguna media sosial atau netizen (warganet). Etika penggunaan media sosial pun masih perlu ditingkatkan.

Dilansir situs web FIB UB , tidak sedikit juga yang menyebarkan berita hoaks terkait COVID-19 ini. Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika, ditemukan 554 informasi hoaks terkait COVID-19.

Informasi-informasi hoaks ini beredar di berbagai macam media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan youtube. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar

Mengapa Hari Media Sosial Perlu Diperingati ?

Esensi dari Hari Media Sosial adalah perilaku bijak dalam menggunakan media sosial, baik itu dalam membuat maupun membagikan konten. Hari Media Sosial sendiri bertujuan mengedukasi warganet di Indonesia. Melalui hari Media Sosial, warganet dan pelaku usaha kembali diingatkan untuk memanfaatkan media sosial secara positif.

Caranya, dengan membagikan berita-berita  yang menginspirasi, memotivasi, dan mengajak untuk membuat kehidupan jadi lebih baik kepada anggota keluarga, sahabat, komunitas, dan para pelanggan. Sejak pertama kali digagas oleh Handi Irawan, hari Media Sosial  mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak.

Berikut salah satu cuitan sebagai bentuku dukungan hari Media Sosial dengan tagar  #HariMediaSosial di Twitter setiap tangggal 10 Juni.

“Mari kita dorong penggunaan media sosial untuk membangun persahabatan, menjaga persatuan, memotivasi dan berbagai kebaikan antar sesame. Berikan motivasi bagi sahabat yang sedang jatuh dan sedih agar dapat bangkit kembali. Berikan dorongan kepada teman yang sedang berjuang dalam menuju kesuksesan, Berikan ucapan terimakasih dan bagikan cinta kepada sesama,” tulis Frontier.

 

Penulis: Ardika Perdana Putra

Gabmar : Alif Pradita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *