HARKITNAS: Menilik Sejarah yang Tak Akan Pudar

HARKITNAS: Menilik Sejarah yang Tak Akan Pudar

Hari Kebangkitan Nasional ke-113 diperingati pada hari Kamis tanggal 20 Mei 2021. Dilansir dari wikipedia Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke- 20 di Indonesia ketika rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting, yaitu ¬†berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908 ) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Soetomo, tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Saat ini, tanggal berdirinya Budi Utomo di peringati sebagai hari kebangkitan Nasional.

Mengutip dari Kominfo RI, tema peringatan hari Kebangkitan Nasional 2021 adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” Pemilihan tema tersebut agar ¬†mengingatkan kita tentang semangat Kebangkitan Nasional. Sebagai generasi muda, kita harus selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Tujuan peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional 2021 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan. Peringatan kebangkitan nasional menjadi titik awal dalam membangun kesadaran rakyat Indonesia untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Melalui Hari Kebangkitan Nasional, rakyat Indonesia dipacu untuk bergerak sebagai bangsa tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Semangat kebangkitan nasional dalam jati diri setiap warga negara Indonesia bertujuan agar dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

By: Eva Septiyana (X KI 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *