Makin Siap, Makin Mantap Pendidikan Karakter SMK Negeri 3 Kendal

Makin Siap, Makin Mantap Pendidikan Karakter SMK Negeri 3 Kendal

Dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkompeten dan berkarakter dalam bidangnya SMK N 3 Kendal tidak henti-hentinya menyiapkan sebuah pelatihan yang mendukung hal tersebut.

Pelatihan pendidikan karakter ini bertema “Menjadi Pribadi Beriman, Kreatif, Tangguh, Berprilaku Positif dan Produktif” dari tema tersebut mempunyai maksud bahwa seorang siswa dituntut bukan hanya pandai dan mampu dalam bidangnya saja. Namun, siswa juga harus memiliki karakter dan kepribadian yang baik untuk menghadapi tuntutan dunia kerja. Kegiatan ini dilakukan selama beberapa hari dengan jadwal pelatihan yang padat dan syarat akan makna, contohnya PBB dan Bela Negara.

Kegiatan baris berbaris, memang jika kita lihat secara sekilas kegiatan ini terlihat sederhana namun sebenarnya syarat akan makna. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa mampu menumbuhkan sikap senasip sepenaggungan serta ikatan yang sangat di perlukan untuk mencapai keberhasilan tugas dalam suatu kelompok.

Sedangkan Bela negara sendiri mempunyai maksud untuk mejadikan peserta didik mempunyai sikap disiplin waktu, kebersamaan dan soldaritas atar sesama teman dan tak kalah pentinya adalah melatih jiwa kepemimpinan. Kaitanya Dunia kerja adalah seorang siswa kelak akan di tuntun untuk disiplin waktu dan prilaku karena ini lah yang menjadi faktor kesuksesan anak di masa yang akan datang.

Disiplin waktu ketika di sekolah mencakup datang dan  mengumpulkan tugas tepat waktu. Ini memang merupakan hal yang sepele dan tidak berat namun jika dilakukan secara terus menerus setiap hari lama kelamaan karakter seorang siswa akan terbentuk dengan sendirinya dan ini sudah pasti akan terbawa ketika memasuki dunia kerja nanti

Disiplin prilaku ini mencakup kegiatan anak ketika bertegur sapa dengan guru maupun teman sejawat  saat berada di lingkungan sekolah. Pembiasaan yang di lakukan menjadikan anak mempunyai pembawaan yang ramah, santun dan terarah bicaranya. Dengan demikin diharapkan lulusan SMK menjadi calon generasi bangsa yang berkualitas baik itu hard skill maupun soft skill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *